Jumat, 22 Januari 2010

motor-motor drag


MOTOR "DRAG"




Mungkin banyak orang yang sudah sering melihat balapan drag race namun banyak juga yang belum mengetahuinya. Sebenarnya drag race sama seperti balap mobil atau motor namun dengan lintasan yang lebih pendek. Balap mobil atau balap motor adalah olahraga yang membutuhkan skill tinggi yang khusus. Olahraga lain yang seperti drag race dinilai sedikit lebih aman karena menggunakan lintasan pendek yang hanya melibatkan 2 kendaraan dalam setiap babaknya.

Drag race atau sprints adalah balapan di mana dua peserta start bersebelahan di belakang garis start yang sama dengan tanda start berupa lampu. Saat lampu start warna hijau menyala, dua pembalap memacu mobil/motornya melewati dua lintasan lurus sejauh seperempat mil atau sekitar 402 meter. Waktu tempuhnya dicatat dan dihitung. Pembalap dengan catatan waktu paling singkat melewati garis finis adalah pemenangnya. Sistem pembagian kelas balap drag dapat menggunakan batasan cc mesin maupun bracket time (waktu tempuh). Di Indonesia sendiri banyak balapan drag race yang diselenggarakan pada trek 201M mengingat keterbatasan lahan.

Horse power, top speed dan kecepatan perpindahan tuas transmisi merupakan hal yang harus diperhatikan dalam balapan ini. Mobil drag race biasanya dipacu dengan kecepatan maksimal kurang lebih 569 kilometer perjam dengan lintasan balap hanya sepanjang 402 meter. Balapan ini biasanya selesai dalam waktu kurang dari lima detik. Ajang ini terdiri dari dua tahap, yaitu Stage dan Race. Stage merupakan sebuah tahap saat membawa mobil yang digunakan ke belakang garis start. Peserta akan didiskualifikasi jika menempatkan ban mobil melebihi garis start. Sedangkan Race, merupakan tahap dimana kedua mobil 'berlari' hingga mencapai garis finish.[sssb]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar